1. 2.

31 Oktober 2009

BPPKB Kab Bekasi Laksanakan Pelayanan KB Gratis

BEKASI –Untuk menekan pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesjahteraan warga masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis kepada 100 (seratus) warga masyarakat yang kurang mampu.
Kegiatan dilaksanakan pada kamis (22/10) lalu, sedangkan para pesertanya barasal dari keluarga kurang mampu dari 23 kecamatan di Kab Bekasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh BPPKB Kab Bekasi bekerjasama dengan Team Medis Rumah Sakit (RS) Salamun Bandung yang menurunkan sebanyak 18 dokter yang terdiri dari, dokter Bedah, dokter anastesi (bius), dokter umum dan perawat.
Selain dibantu team medis dari RS Salamun pelayanan tersebut juga dibantu oleh team TNI Manunggal dari TNI yang bertujuan memaksimalkan pelayanan. Sedangkan jenis pelayanan KB yang diberikan adalah berupa Medis Operasi Pria (MOP) bagi peserta pria dan Medis Operasi Wanita (MOW) bagi peserta wanita.
Program ini dilaksanakan dalam rangka membantu para keluarga yang kurang mampu yang berasl dari 23 Kecamatan di Kab Bekasi untuk dapat menjadi peserta KB. Pada pelaksanaan pelayanan tampak dihadiri oleh para kepala UPT KB dari 23 kecamatan yang mendampingi para peserta dari wilayahnya masing masing.
Mumuh Mulyana (Kabid) BPPKB yang ddampingingi Agus, Kepala Seksi Kab Bekasi, yang dimintai penjelasannya tentang standar kesehatan para peserta untuk dapat menjadi peserta dan tindak lanjut pelayanan terhadap peserta yang telah menjalani operasi, Mumuh dan Agus mengatakan “peserta yang akan mendapatkan pelayanan MOP ataupun MOW harus benar-benar sehat, oleh karena itu para peserta yang akan mendapatkan pelayanan terlebih dahulu di cek atau periksa kesehatannya untuk mengetahui kondisi kesehatan calon peserta. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal hal yang dapat merugikan peserta” jelasnya
“Dan selanjutnya para peserta dapat memeriksakan dirinya ke Puskesmasuntuk mengetahui perkembangan dari tindakan operasi para peserta, dan pemeriksaan juga diberikan secara gratis oleh pihak Puskesmas”, tambahnya.
Disela sela kegiatan, Roni. P. Ronal M Si, S Sos, Kepala UPT KB Tambun Selatan yang dimintai tanggapannya atas pelayanan KB gratis yang diberikan kepada para keluarga kurang mampu, Ronal mengatakan, pelayanan tersebut sangat penting artinya dan dia mengatakan sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk memberikan pelayanan sebaik baiknya sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah Kab Bekasi.
Hasil pantauan Patroli Bangsa, kegiatan belangsung dengan lancar dan baik, beberapa peserta yang di wawancarai mengaku sangat senang dengan adanya pelayanan gratis tersebut, mereka merasa terbantu, rasa senang tercermin dari raut wajah para peserta yang telah mendapatkan pelayanan.(sepmi)