1. 2.

26 April 2011

Kebersamaan Dalam Membangun Prestasi Menuju Depok Yang Maju Dan Sejahtera

DEPOK - Sebagai kota yang terbentuk pada 27 April 1999 lalu, Kota Depok yang mulai beranjak dewasa telah mengukir banyak prestasi yang luar biasa. Diusianya yang ke-12, Depok telah menjadi sebuah kota yang mandiri dan eksis dalam meraih berbagai prestasi baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional. Besarnya tingkat kemajuan dapat dirasakan disegala bidang, baik kesehatan, pendidikan, ekonomi, pertanian, maupun dalam peningkatan SDM PNS di lingkungan Pemkot. Sejak menjabat sebagai Pemimpin Depok, pasangan H.Nur Mahmudi Ismail dan H.M Idris Abdul Somad ini patut diacungkan jempol. Berbagai prestasi telah diraih.

Terakhir ini, Walikota menerima penghargaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, yaitu Penghargaan Adibakti Mini Bahari (penghargaan atas budidaya ikan hias terbaik tingkat nasional yang diterima pada hari jadi Kementerian Kelautan dan Perikanan di Ballroom Freddy Numberi Lt. 1 Jakarta Pusat, 2011 lalu. Pemkot Depok sendiri tidak berpuas diri, meskipun sudah mendapat berbagai prestasi dan penghargaan, Pemkot Depok juga tidak melupakan PNS dijajarannya. Karena, diakui atau tidak keberhasilan yang dicapai sekarang tidak lepas dari peran serta jajaran PNS di lingkungan Pemkot Depok juga. Untuk itu, dalam peringatan HUT ke-12 mendatang Pemerintah mengajak seluruh jajarannya untuk bekerja lebih optimal dalam melayani masyarakat sehingga Depok bisa menjadi kota yang maju dan sejahtera.seperti yang tertuang di tema HUT tahun ini, “Dengan HUT ke-12 Kota Depok, Kita Tingkatkan Kebersamaan Menuju Kota Depok yang Nyaman, Maju dan Sejahtera” yang merupakan realisasi dari tekad bersama untuk bahu-membahu kemajuan Depok dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya sehingga dapat mengukir prestasi yang gemilang.

Tahun 2010, memang tahun yang penuh kejutan bagi masyarakat Depok. Pada tahun lalu, RSUD Kota Depok menerima Penghargaan dan Piala Citra Pelayanan Prima Tingkat Nasional dari Wakil Presiden RI Boediono Di Istana Wakil Presiden RI. Piala Citra Pelayanan Prima merupakan apresiasi dari realisasi standar pelayanan publik karena RSUD merupakan rumah sakit yang cepat tanggap dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Ditahun 2010 pula, berbagai prestasi juga telah diukir, diantaranya meraih Penghargaan Lingkungan Hidup, Peringatan III Perolehan PBB Se- Jawa Barat, Peringatan I Perolehan PAD Se- Jawa Barat, Juara I KB Lestari (15 Tahun) Tingkat Propinsi Jawa Barat, Juara III KB Lestari ( 20 Tahun) Tingkat Jawa Barat, Juara III Pemberdayaan Pokjanal Posyandu Tingkat Propinsi Jawa Barat, dan Juara I Administrasi Kelurahan P2WKSS Tingkat Propinsi Jawa Barat.

Semangat pemimpin Kota Depok dalam membangun sektor pendidikan dan kesehatan, berhasil mengantarkan Depok dalam meraih berbagai prestasi, seperti mendapat Sertifikasi Kelurahan Penuh ISO 9001:2008, Sertifikat Kelurahan Penuh. Akreditas 5 Pelayanan Rumah Sakit, pengakuan hasil laboratorium outlet limbah RSUD yang memenuhi syarat kualitas lingkungan di bawah nilai baku mutu dan hasil laboratorium uji swabb (alat kesehatan, alat makan, penjamah makanan, ruangan) yang bebas kuman. Tahun 2010 juga menjadi tahun yang gemilang dibidang pendidikan. Banyak medali emas yang diraih pada berbagai periode sains dan sebanyk 18 orang dari 36 siswa Depok Menjadi Wakil Jawa barat dalam olimpiode pendidikan. Prestasi lain yang telah diukir, diantaranya perak dalam Olimpiode Komputer Internasional di Kanada, meraih Emas dan Perak dalam lomba Bidang Kimia tingkat Nasional, dan berhasil meraih Emas dan Olimpiode Sains Internasioanal tingkat SMP di Negeria.

Penghargaan demi penghargaan yang diperoleh Kota Depok, diraih dengan kerja keras dan kebersamaan seluruh aparat Pemkot. Semua itu, berhasil diraih karena komitmennya dalam menentukan setiap arah pembangunan. Pembangun Kota Depok saat ini sangat pesat, terbukti di sepanjang tahun 2010, telah dilakukan Peningkatan Jalan dengan total panjang 15.935,45 Km, Pembangunan Jalan sepanjang 4.399,50 Km, Rehabilitasi Jalan 7.721 Km, Pembangunan Jembatan 59,5 Meter dan Rehabilitasi Jembatan 24 Meter. Selain itu telah dilakukan juga Penanganan Prasarana Jalan/Drainase sepanjang 2.348 Km.

Soal prioritas kesejahteraan, para Pemimpin Kota Depok tidak usah diragukan lagi, karena Kota Depok satu-satunya kota yang memberikan santunan kematian sebesar Rp. 2.000.000,- kepada warganya. Langkah lain yang telah dilakukan untuk kesejahteraan warganya adalah adanya bantuan modal warung untuk orang tua anjal yang benar-benar warga Depok. Untuk bidang pelayanan, Pemkot Depok sudah mulai melakukan sistem online, seperti pembayaran PBB online, pembuatan KTP, dan tender pengadaan barang dan jasa secara elektronik, serta penerimaan siswa baru secara online.

“Sukses demi sukses yang telah digenggam itu tidak bisa dilepaskan dari kinerja para apatur Pemkot depok. Dukungan para apatur berperan besar dalam perjalanan 12 tahun kota Depok. Kami berharap, kebersamaan ini tidak akan pupus sampai disini. Di usia yang mulai beranjak dewasa ini, mari kita bersama menyatukan smangat dan tekad bersama dalam membangun prestasi menuju Depok yang Maju dan sejahtera” ajak Walikota. (ADV)