1. 2.

14 Desember 2009

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kecamatan Cibitung - Bekasi Mendekati Target

BEKASI -  Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Kab. Bekasi berupaya menekan lajunya perkembangan penduduk melalui program KB yang berkelanjutan.

Pemkab Bekasi melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB) selama hampir 3 bulan pada tahun 2009 melaksanakan pelayanan KB kepada masyarakat di wilayah kecamatan yang ada di Kab Bekasi dengan program yang dinamai  Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, pada tingkat kecamatan.

Menurut Karnadi Kusnadi, Ka UPT KB Kecamatan Cibitung, di Desa Karta Mukti, di sela sela kegiatan pelayanan KB kepada masyarakat belum lama ini, bahwa Prakiraan Permintaan Masyarakat (PPM) dalam rangka kesatuan gerak PKK Kab Bekasi Tingkat Kecamatan  sebanyak 1286 Akseptor yang terdiri dari IUD sebanyak 126 Akseptor, MOP sebanyak 3 Akseptor, MOW sebanyak 35 Akseptor, Implant 177 Akseptor, suntik Kab 476 Akseptor danPil KB 461 Akseptor.

Sedangkan untuk mencapai PPM terseut diatas dilaksanakan dalam 3 bulan, yakni bulan oktober, Nopember dan Desember 2009.

Sementara itu Kecamatan Cibitung pada bulan Oktober telah mencapai atau mendapatkan Akseptor baru sebanyak 492 Akseptor yang terdiri dari IUD sebanyak 47 akseptor, MOW sebanyak 3 akseptor, suntik KB 229 orang, Pil KB 213 Aksptor, sedangkan MOP dan Kondom jumlahnya nol.

Dengan demikian total keseluruhan akseptor berjumlah 492 orang. Dan pada bulan Nopember Kecamatan Cibitung mendapatkan akseptor baru sebanyak 549 akseptor yang terdiri dari IUD sebanyak 37 akseptor, MOW 15, Kondom sbanyak 3 orang, suntik KB 194, Pil KB 214, Inplat 86 orang,dan MOP tidak ada peminatnya, dengan demikian total  pada bulan Nopember berjumlah 549 akseptor.

“Jadi selama pelaksanaan Kesatuan Gerakan PKK KB Kecamatan selama 2 bulan (Oktober dan Nopember) telah mendapatkan akseptor baru sebanyak 1041 orang atau 80,9% dari target PPM kegiatan Kesatuan Garakan PKK KB Kesehatan” jelas Karnadi.

Menurut Karnadi kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan pada bulan Desember 2009 diharapkan pencapaian PPM peserta KB Baru dapat tercapai 100%.

Warga masyarakat Desa Kerta Mukti yang mendapatkan pelayanan KB saat itu mengaku sangat senang dengan adanya proram KB oleh pemkab Bekasi melalui Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Kecamatan, mereka berharap program tersebut berkesinambungan. (sepmi)