1. 2.

14 Februari 2010

Hari Jadi Desa Babelan Kota yang ke-60


BEKASI - Tepatnya 4 February 2010 lalu, desa Babelan kota merayakan hari jadinya yang ke-60. Di usianya  yang cukup matang tersebut desa ini diharapkan mampu bersaing dengan desa yang lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Untuk itu segenap staf desa yang ada di desa Babelan Kota khususnya,  U.Rukandi yang dipercaya sebagai sekretaris desa terus melakukan upaya dalam berbenah diri melalui program-program kerjanya serta harmonisasi antara masyarakat di sekitarnya dengan aparat desa setempat.

Adapun program-program yang sedang dijalankan, antara lain memperbaiki kinerja aparatnya terutama dalam hal disiplin kerja. Untuk itu, sejak January 2010, tidak ada lagi staf aparat desa yang datang melebihi pukul 09.00 WIB dan bagi yang melanggar aturan tersebut  dikenakan sanksi yang tegas yakni, tidak diperbolehkan masuk kerja pada hari tersebut dan dipersilahkan untuk pulang.

Yang tak kalah penting dari program kerja desa tersebut ialah melakukan penyuluhan bahaya Narkoba secara intensif melalui RT, RW, dan masyarakat hingga tak heran U.Rukandi beserta aparat desa lainnya, Babinsa dan Trantib bekerja keras di dalam memerangi bahaya Narkoba yang sudah menelan korban hingga memakan korban jiwa.

Maraknya peredaran ganja yang sangat meresahkan masyarakat belakangan ini,   untuk menantisipasinya aparat desa beserta jajarannya memberlakukan jam malam di wilayah desa tersebut, terutama bagi anak muda yang suka nongkrong hingga larut malam. Selain itu, penertiban terhadap para pendatang yang tinggal ngontrak diwilayahnya kerap dilakukan dengan kebijakan memberikan identitas domisili sementara pengganti KTP daerah asal yang dimiliki, dan selama itu pula KTP asal ditahan di kantor desa Babelan Kota.

Untuk meningkatkan harmonisasi  antar sesama masyarkat juga dengan aparat desa maka program Jumsih (Jumat Bersih) di ubah ke hari Minggu. Program ini mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat.

Berdasarkan hasil wawancara wartawan Patroli Bangsa dengan U. Rukandi dan jajarannya, didapatkan informasi program pemerintah tentang PNPM. Program PNPM 2009 di desa Babelan Kota dinilai telah berjalan dengan baik terutama pengembalian penambahan modal bagi usaha kecil hingga pembangunan sebuah jembatan di kampung Pulo Timaha dusun III. ”Untuk 2010  kecamatan Babelan tepatnya desa Babelan kota melalui program PNPM berencana membangun gedung pendidikan anak usia dini (PAUD).”ujar U.Rukandi mengakhiri pembicaraannya.(Herman/Tigor).