1. 2.

14 Februari 2010

Kecamatan Cimanggis Predikat Terbaik Penerima PBB Tahun 2009 Se-Kota Depok

DEPOK - Perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah Kecamatan Cimanggis Kota Depok, dari tahun ke tahun selalu memberi predikat terbaik, baik di tingkat kecamatan maupun di beberapa kelurahan yang ada di Kota Depok. Hal ini mencerminkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sangat tinggi.

            Berdasarkan hasil data Evaluasi Realisasi Penerimaan PBB tahun 2009 oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan keuangan Kota Depok, bahwa Kecamatan Cimanggis, memperoleh predikat terbaik se-kota depok. Bahwa Realisasi Penerimaan PBB tahun 2009 untuk buku 1, 2 dan 3 sampai dengan akhir Oktober 2009 Rp 6.722.880.416 atau 59,01% dari target pengenaan sebesar Rp 11.405.686.728. Keberhasilan tersebut tentunya disambut baik oleh Camat Cimanggis, Agus Gunanto. SH. MSi seperti yang diucapkan baru-baru ini kepada wartawan di tempat kerjanya, lebih jauh ia mengatakan keberhasilan tersebut merupakan kerja keras semua pihak, terutama dari tokoh masyarakat tokoh agama dan pihak kelurahan.

            Prestasi yang dicapai dalam perolehan penerimaan PBB tersebut tidak terlepas dari peran lurah dalam mensosialisasikan kewajiban membayar PBB secara berkesinambungan kepada masyarakat melalui RT/ RW, serta bukti setoran PBB merupakan persyaratan wajib dalam pelayanan administrasi secara umum baik di kecamatan maupun di kelurahan.

            Keinginan untuk mencapai target 100% pemasukan PBB masih sulit diperoleh, alasan klasik masih tetap terjadi, seperti banyak kepemilikan tanah yang sudah berubah, nama SPPTnya tetap masih terbit SPPT atas nama kepemilikian lama atau objek pajak sudah tidak dimiliki lagi, jumlahnya sangat signifikan seperti data nama wajib pajak yang belum berubah atau terdaftar sebagai wajib pajak tetapi tidak mempunyai objek pajak.

            Berdasarkan Evaluasi Realisasi Penerimaan PP tahun 2009 oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan keuangan Kota Depok, bahwa Kecamatan Cimanggis memperoleh predikat terbaik, disamping itu dari 63 kelurahan yang ada di Kota Depok sepuluh besar kelurahan penerima PBB terbaik adanya di Kecamatan Cimanggis, diantaranya Kelurahan Mekarsari = 88,035%;  Kelurahan Sukamaju Baru = 75,89%; Kelurahan Pasir Gunung Selatan = 74,70%; Kelurahan Tugu = 69,87%; Kelurahan Leuwinanggung = 67,50%.            

            Atas prestasi yang diraih tersebut Camat Cimanggis, Agus Gunanto. SH.MSi mengatakan, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak , dan semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan di waktu yang akan datang terutama kepada Kelurahan yang telah meraih prestasi sepuluh besar, tegasnya. (RS)