1. 2.

01 Juli 2010

Peserta KB MOP dan MOW Merasa Beruntung

BEKASI – Dengan program Pelayanan Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kab Bekasi melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten berupa Medis Operasi Pria (MOP) bagi peserta KB Pria dan Medis Operasi Wanita (MOW) kepada peserta wanita yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan dengan gratis kepada masyarakat disambut baik dan diminati oleh masyarakat.

Hasil pemantauan Patroli Bangsa baru-baru ini di Gedung Sucofindo, jumlah peserta KB MOP dn MOW yang berasal dari 23 kecamatan di Kab Bekasi masih cukup tinggi, jumlah peserta operasi tersebut masih mencapai ratusan orang yang terdiri dari peserta pria dan wanita.

Salah satu pemandangan yang menarik pada pelaksanaan pelayanan yang terpantau patroli bangsa, para peserta KB MOP dan MOW yang akan menjalani operasi dan yang telah selesai menjalani tindakan operasi oleh Dokter Bedah tampak bersemangat, semua peserta tidak menampakkan rasa ketakutan karena akan menjalani operasi atau karena habis di operasi. Para peserta terlihat bersemangat dan tanpa beban.

Sikap tenang dan tanpa beban para peserta KB tersebut membuat penasaran, apa sih rahasia dibalik ketenangan mereka ?
Berbincang dengan Agus Konstantin, Ka Sub Bid Promosi dan Pelayanan KB, BPPKB Kab Bekasi didampingi para UPT dan para tenaga penyuluh lapangan di Kecamatan yang selalu setia dan aktif dalam kegiatan tersebut membuahkan jawaban dari rasa penasaran Patroli Bangsa. Agus menjelaskan, bahwa para peserta yang akan menjalani operasi atau pun yang telah selesai menjalani operasi tersebut sudah terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dari para Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang bertugas mensosialisasikan tentang MOP dan MOW jauh hari sebelum pelayanan operasi dilaksanakan. “ Para peserta sudah memiliki pemahaman yang baik tentang MOP dan MOW, selain itu UPT Kecamatan dengan para PLKB selalu memantau kesahatan para calon peserta,baik sebelum menjalani operasi dan setelah menjalani operasi secara teratur. Untuk meringankan beban para peserta KB MOP dan MOP dan agar kondisi mereka tetap dalam keadaan baik, para peserta dijemput dan diantar pulang oleh UPT Kecamatan ketempat masing-masing setelah menjalani operasi. Dengan demikian para peserta tidak perlu khawatir atau ketakutan” ungkap Agus yang diamini para UPT dengan semangat.

Salah seorang ibu, peserta KB mengungkapkan, dirinya merasa beruntung dengan pelayanan dari BPPKB Kab Bekasi tersebut, “kalau bayar sendiri di Rumah Sakit kita tidak mampu, transpotasi juga di sediakan” katanya dengan tulus.(SEPMI)